Tujuh Kharakter Kepemimpinan Jusuf Kalla Sebagai Capres yang Dibanggakan Golkar


Laporan: Andri Malau


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Survei Pol-Tracking Institute memperlihatkan sosok mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) memiliki kualitas dan kemampuan personal paling mumpuni ketimbang calon-calon presiden lainnya.


Hasil Survei Pakar (Profesor) bertajuk “Mengukur Kualitas Personal Para Kandidat Capres-Cawapres 2014” itu menunjukkan JK paling memiliki tujuh aspek dimensi terpenting sebagai presiden.


Yakni, Integritas, Visi dan Gagasan, Leadership dan Keberanian Mengambil Keputusan, Kompetensi dan Kapabilitas, Pengalaman dan Prestasi Kepemimpinan, Kemampuan Memimpin Pemerintahan dan Negara, serta Kemampuan Memimpin Koalisi Partai Politik di Pemerintahan.


Terkait hasil survei itu, Ketua Balitbang Partai Golkar Indra J Piliang buka-bukaan mengenai sosok mantan Ketua Umum Partai berlambang Beringin itu. Menurut Indra J Piliang, sosok JK merupakan sosok pemimpin yang lengkap.


Bukan itu saja, Jusuf Kalla dimata Indra J Piliang adalah sosok pemimpin yang bisa berkomunikasi dengan siapa dan kelompok mana pun. Termasuk Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini bisa masuk ke lapisan muda.


"Pak JK itu, kalau dia ketemu dengan anak-anak muda, dia bisa bercanda dengan anak muda, sesuai dengan posisi anak-anak muda itu," tutur Indra J Piliang saat jumpa pers hasil Survei Pakar bertajuk “Mengukur Kualitas Personal Para Kandidat Capres-Cawapres 2014” yang dibuat Pol Tracking Institute pada Minggu (23/3/2014) di JS Luwansa Hotel, Jakarta.


Karena begitu terkenal dan dicintai oleh banyak orang, kata dia, JK tak bisa dibilang hanya milik Partai Golkar semata. Apalagi JK memiliki jaringan pertemanan yang cukup luas, dan lintas kelompok serta Partai Politik sekalipun.


"Dia (JK) memang kader Golkar, tapi tidak bisa disebut milik orang Golkar semata. Artinya bajunya itu sudah multi. Bukan hanya baju kuning (Golkar). Tapi juga baju-baju yang lain," jelasnya.


Baca Juga:


Ashley Cole Bakal Diincar AS Monaco


Setelah PKS, Giliran Kampanye Partai Gerindra Libatkan Anak-anak Ingusan


Selasa, SBY Kampanye di Brebes, Ini Rombongan Artis Kondang yang Dia Bawa



Komentar