Jalur ganda beroperasi, waktu tempuh Purwokerto-Semarang 4,5 jam


MERDEKA.COM. Pengoperasian jalur ganda di ruas Pekalongan-Semarang berdampak pada cepatnya waktu tempuh Kereta Api (KA) Kamandaka Semarang-Purwokerto sekitar 35 menit. Namun, waktu tempuh baru ini akan diberlakukan mulai 1 Juni 2014.


Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 5 Purwokerto, Surono melalui rilis yang diterima, Kamis (22/5), mengemukakan jadwal baru ini akan lebih cepat dari jadwal yang diberlakukan pada sekarang ini. Saat ini, perjalanan KA Kamandaka yang menempuh jarak 256 kilometer ditempuh dalam waktu lima jam.


"Dalam jadwal perjalanan yang berlaku saat ini, jarak Purwokerto-Semarang Tawang sepanjang 256 kilometer ditempuh KA Kamandaka dalam waktu 5 jam. Dalam jadwal baru nanti jarak tersebut akan ditempuh hanya dalam waktu 4 jam 25 menit," ujarnya, Kamis (22/5).


Surono mengatakan jadwal baru pemberangkatan KA Kamandaka masih seperti jadwal sebelumnya, yakni pukul 05.00 WIB. Namun, jam kedatangan di Stasiun Semarang Tawang, menurut Surono, akan datang lebih awal sekitar 46 menit dari jadwal saat ini atau pukul 09.25 WIB.


"Untuk jam keberangkatan dari Semarang Tawang ke Purwokerto tidak berubah, masih tetap pukul 16.15 WIB seperti saat ini. Namun dalam jadwal baru nanti, KA Kamandaka akan tiba di Purwokerto pukul 20.39 WIB atau lebih awal 11 menit dibandingkan jadwal saat ini," jelasnya.


Meski begitu, dia menjelaskan waktu tempuh KA Kamandaka saat ini masih terkendala di lintas Prupuk-Tegal. Jalur sepanjang 40 kilometer tersebut, lanjutnya, saat ini masih menggunakan rel jenis P 38.


"Jenis rel ini relatif masih kecil dibandingkan mayoritas rel yang digunakan PT KAI saat ini, yakni jenis R 54. Disamping rel P 38, lintas ini juga masih menggunakan bantalan besi, sehingga kecepatan KA di lintas ini maksimal hanya 50 kilometer per jam," paparnya.


Namun, untuk mengoptimalkan waktu tempuh kereta api di lintas Prupuk-Tegal, jalur ini akan ditingkatkan menggunakan jenis rel R 54 yang lebih besar dan bantalan beton. Sehingga nanti kecepatan KA bisa mencapai 70-80 kilometer per jam.


"Kami sudah mengusulkan ke Satker agar peningkatan jalur ini bisa segera direalisasikan. Jalur Prupuk-Tegal ini sangat strategis, jalur ini juga sering digunakan untuk perjalanan KA memutar ketika terjadi gangguan di lintas Prupuk- Cirebon atau lintas Cirebon- Tegal," jelasnya.


Topik hangat hari ini:

[FOTO] Ini artis Ibu Kota pendukung Prabowo-Hatta

Batal, Rapim KPK bahas dugaan pelanggaran etik Abraham Samad

Jokowi-JK lelang jabatan penegak hukum, buka kasus HAM masa lalu

[VIDEO] Enam warga Iran ditahan usai unggah sebuah video di YouTube

5 Hal yang buat BBM lebih unggul dibanding aplikasi chat lainnya


Sumber: Merdeka.com

Komentar