9 Kerbau bule pimpin kirab 1 Suro di Keraton Surakarta


MERDEKA.COM. Kirab malam 1 Suro di Keraton Kasunanan Surokarta Hadiningrat, Sabtu (25/10) dini hari berlangsung meriah. Ratusan ribu warga dari berbagai daerah menyebar di sejumlah titik yang dilalui kirab pusaka peninggalan dinasti Mataram tersebut. Antara lain di depan keraton atau Kori Kamandungan, Gladag, Baturono, Gading, Gemblegan serta sepanjang rute yang dilalui.


Kirab dimulai pukul 00.12 WIB dipimpin oleh 9 kerbau bule keturunan Kerbau Kiai Slamet sebagai cucuk lampah. Di belakangnya adalah 11 pusaka milik keraton, serta kerabat, sentono serta para abdi dalem. Kirab ini, juga untuk menyambut tahun baru dalam penanggalan Jawa yang disebut 'Tahun Sultan Agungan' yang jatuh pada 1 Suro 1948 atau 25 Oktober 2014.


Sebelum kirab dimulai, sejumlah kerbau bule 'ngambek' tak mau jalan. Menurut pawang, kerbau tersebut kaget dan takut dengan kerumunan massa. Namun tak lama kemudian mereka mau memimpin kirab. Kirab mengambil rute Kori Kamandungan (depan keraton), Alun-alun Utara, Gladag, Jalan Mayor Kusmanto, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteran, Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi dan kembali ke keraton.


Wakil Pengageng Sasono Wilopo Keraton Solo, Kanjeng Pangeran (KP) Winarno mengatakan, dalam kirab tersebut seluruh peserta memang dilarang berbicara atau melakukan tapa bisu. Mereka diminta untuk berdoa dan melakukan introspeksi diri selama perjalanan.


"Tidak semua ikut kirab, sebagian kerabat dan abdi dalem tetap tinggal di keraton untuk melakukan salat hajat dan wiridan semalam suntuk," kata Winarno.


Sebelum kirab mulai, pukul 21.00 WIB diadakan acara 'dhukutan' atau tahlilan. Keraton juga mengadakan ruwatan dengan lakon Murwakala, yang dibawakan dalang keraton nyai KMAT Rum Anjang Mas Kenya Warsito.


Baca Berita Selanjutnya:

Malam 1 Suro, warga Kraton Yogya gelar Topo Bisu Mubeng Beteng

Malam 1 Suro, warga Semarang ritual Kungkum di Tugu Soeharto

Aria Bima, Vicky Zhu dan sejumlah artis ikut kirab 1 Suro

Rawan tawuran antar pendekar, Polda Jatim amankan Suro Agung

Like us on Facebook | Follow us on Twitter | Follow us on Google+


Sumber: Merdeka.com

Komentar